RSS

IPB !! Pokoknya IPB !



Nama gue iin, siswi kelas XII SMA N 1 Pringsewu Lampung.
Semua berawal saat di mana gue di haruskan untuk pusing-pusing mikirin Ujian Nasional dan Perguruan Tinggi. Yaaah mungkin ini memang sudah menjadi rutinitas siswi kelas 12 kayak gue, di semester akhir ini di mana setelah ini gue benar-benar lepas dari status putih abu-abu.

Beberapa bulan lagi gue bakal ngelaksanain itu yang namanya Ujian Nasional, dan tahun gue ini peraturan tiba-tiba berubah drastis bray,Ujian Nasional tahun ini beda sama Ujian tahun-tahun lalu.

Barcode bray, barcode dengan 20 paket yang berbeda. Jadi tu sistem di keluarin pemerintah mungkin dengan tujuan supaya gak ada lagi kecurangan saat Ujian Nasional. Iya lah. Pake barcode, kita gak tau lagi ngerjain paket soal berapa, secara kode gak tertera di naskah dan setiap siswa di kelas megang paket soal yang berbeda. mumet gak tuh ?

Tapi temen-temen gue sembari mempersiapkan Ujian Nasional, mereka juga pada sibuk memikirkan perguruan Tinggi. Mau kuliah di mana ? ngambil fakultas apa? Kedepannya mau gimana ? semua itu mereka pikirkan di saat-saat kayak gini ? di saat Ujian Nasional udah ada di depan mata. Waktu beberapa bulan ini gak lama lho bray, waktu pasti cepet banget berlalunya.

Gue cuma bisa ngedumel di dalem hati “kenapa gak dari dulu aja sih ngerancang mau di mana Universitas yang mau di tuju, jurusan apa dan bakal gimana untuk kedepannya ? kenapa baru mikirin sekarang di saat-saat lagi ruwet Ujian Nasional gini ?”

Terserah mereka lah, gue gak ambil pusing tentang itu dan gue juga gak ambil pusing tentang mereka. Gue gak ambil pusing bukannya gue gak mau kuliah atau gak mau mikirin kuliah bray, saat ini gue lebih fokus dulu ke Ujian Nasional dan gak ribet tentang Universitas kayak mereka, Itu karna gue udah nulis satu nama Universitas di sini (nunjuk dada) dan di sini (nunjuk kepala), gue udah nulis satu Universitas di hati dan otak gue J

Jreeeeenng ! Ujian Nasional tinggal ngitung beberapa hari lagi bray, wow banget memang rasanya, dengan sistem yang sebegitunya di tahun gue ini. Tapi Kehidupan ini tetep harus di jalanin bray, gak mungkin kan gue harus melambaikan tangan di kamera sambil bilang “gak kuat gak kuaaat” gara-gara Ujian gini ? hahaha :D

So, gue jalanin, gue jabanin, gue kerjain tu soal yang mukanya ngece gitu waktu udah di bagi di meja gue. Alhasil, gue lulus juga, walaupun sampek hampir layu, kusut kayak jeruk purut gitu waktu nungguin pengumuman dateng. Tapi pada akhirnya Allah ngasih yang terbaik gini buat gue J

Nah.. mulai dah gue pusing mikirin gimana caranya ketrima di Universitas yang udah lama bersemayam di hati gue itu bray, Universitas yang udah gue bingkai rapih pake bingkai paling mahal dan gue tempatin di tempat yang paling sejuk di hati gue “Institut Pertanian Bogor” itu diaa nama kampus idaman gue bray. Denger namanya aja gue serasa kayak di terpa angin sejuk dari berbagai arah, semua pandangan gue hijau, dan gue serasa melayang terbang di atas awan (nah kan Lebaynya kumat lagi -_- maaf yah pemirsah :D )

Ada satu jalur ni bray buat daftar Universitas, namanya jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri ) tu sistem pake nilai rapot gitu bray, jadi kita ngirim nilai rapot lewat pihak sekolah gitu. Gak perlu gue critain dong ya gue pilih tempat kuliah di mana waktu daftar SNMPTN itu (jelas lah gue milih IPB ), udah gue urus semua berkas dan sekarang jadi pengangguran sembari nunggu pengumuman bray.

Dan.. waktu hari pengumuman tiba, gue kayak orang kebakaran jenggot nyari jaringan internet, sebelum Login gue tarik nafas panjang-panjang, bismillah.. trus gue masukin nomor peserta gue sambil tutup mata (mana bisa masukin nomor peserta kalo sambil merem), eh maksud gue masukin nomor peserta setengah merem setengah melek, dan jantung gue saat itu kayak di antem pake ketapel bray rasanya, seolah-olah gue sampek bisa denger bunyinya “jeldug jeldug jeldug” (yaelah.. lebay banget siih :D )

Jreng jreeng ! loading selesai pengumuman kebuka, gede banget di layar ada tulisan “MAAF” kata selanjutnya gue gak sanggup baca, langsung deh gue close. Matiin Laptop, berdiri, narik napas, nahan nangis, senyum, ketawa- ketawa kayak orang gila, sedih, trus sholat -_-

Malemnya gue baru nyadar kalo di tolak Universitas idaman itu rasanya lebih sakit dari pada di gebuk pake balok -_-
gue sempet kayak ayam keracunan gitu bray setelah pengumuman SNMPTN itu, dieeeeem doang di kamar, di tanyain orang cuma bisa ngangguk sama geleng-geleng doang.

Balik lagi ke kata-kata gue di awal, gue harus jalanin ini semua. Masak gue nyerah gitu aja kan ? Ok, gue  mulai isi ulang nyawa, mulai bangkit dan berani keluar dari kamar dan menghirup udara segar dan merasakan sinar matahari lagi.

Ada jalur lain lagi buat masuk Perguruan Tinggi Negri, namanya SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri) ini sistem gak kayak tadi yang ngandalin nilai rapot doang bray, tapi kita harus berjuang melawan kertas-kertas soal, alias jalur test.

Gue mulai usaha kesana kemari nyari buku kumpulan test masuk perguruan tinggi bray, gue juga udah muai bimbel gitu buat persiapan test, setelah bimbel selesai, gue gak langsung pulang, gue belajar lagi bareng temen2 sampek sore. Hampir setiap malem lembur juga, sampek jam 2 malem itu paling pol. Waktu uang tipis tapi pengen beli buku penunjang, ngumpulin duit sendiri gue bray dari uang jajan, foto copy deh bisanya, lebih murah dari beli bukunya langsung, hehee, gak berani minta uang ke orang tua juga soalnya, takut tambah-tambah ngrepotin nanti gue.

Gue mulai berharap-harap cemas  gini, makin menjadi-jadi aja ambisi gue setiap harinya. Setelah terdaftar dan siap untuk test, ternyata tempat test ada di pusat kota, dan alhasil gue harus nginep bray di kontrakan kakak sepupu gue karna desa gue jauh dari pusat kota. Gue berangkat 2 hari sebelum test. ngecek bangku buat test udah, berkas juga udah semua. Daaan.. besok pagi adalah....waktunya test. Haha

Test di laksanakan 2 hari. Hari pertama gue berangkat pagi banget bray setelah malemnya lembur belajar. Sebenernya gak baik juga sih paginya mau test malemnya tetep lembur, tapi gimana yaa, justru karna lembur itu gue jadi radak yakin dan radak pede (radak??). Lagian juga malemnya itu bray, susah banget mejemin mata, gak bisa tidur -_-

Paginya persiapan, nomor peserta, alat tulis, papan alas, minum, roti, tisyu, mukenah. Udaah.. kayak orang mau pindahan aja ini. Setelah hampir 15 menit nunggu angkot, akhirnya angkot dateng, belum juga jalan kakak gue udah bilang “cepet ya om, mau test ini udah telat” padahal masih setengah 7 bray, mulai masuk aja jam setengan 8. Alhasil tu angkot beneran ngebut. Dan tanpa gue sadari gue mulai menikmati ketegangan ini. Hahaha

Sampek di tempat setengah jam sebelum mulai. Gue sempetin buka buku lagi di bangku gue sembari nunggu pengawas masuk. Gue juga sempetin memahami medan perang. Gue tengok kanan kiri, depan belakang, gue liat kursi gue, meja gue, gue goyang-goyangin meja, goyang-goyangin kursi, atur posisi duduk yang paling enak, liat orang-orang yang ada di kelas itu dengan tampilan mereka yang berbeda-beda, dari yang aneh sampek yang aneh banget, dari yang ganteng sampek yang ganteng banget, dari yang gak biasa, yang biasa banget, sampek yang luar biasa, ada semua :D

Pengawas masuk. Rasanya ritme jantung gue kayak kejar-kejaran bray, tangan gue keringetan, kaki gue gemeteran, muka gue merah, perut gue keroncongan (lho?). mungkin ini yang namanya tegang. Belum juga soal di bagi, udah senewen gini gue. Hadooohhh -_-

Pengawas udah jelasin bla-bla-bla tentang peraturan saat test, segel soal udah di buka dan lembar jawaban udah di bagiin, setelah tu soal ada di depan muka gue, yang gue pikirin saat itu adalah “gue harus ketrima di IPB, gue harus ketrima di IPB, harus harus harus.

Mungkin karna rasa gugup itu ada satu kesalahan yang gue sadari setelah selesai test hari pertama, “gue lupa tanda tangan di kertas lembar jawaban !!”. Gue langsung lari ke ruang panitia, tanya perihal tanda tangan itu fatal gak pengaruhnya. Panitianya bilang “aduh, gak tau, banyak berdoa aja deh”. Denger pengawas bilang gitu rasanya kayak di suntik racun serangga, lemes langsung gue. Kata-kata itu berarti gak ada harapan lagi kan buat gue selain doa. Itu yang bikin gue gak konsentrasi waktu ngerjain test di hari ke dua.

Masak iya sih gue gak ketrima gara-gara lupa tanda tangan doang di lembar jawaban . Eh setelah di telusuri, ternyata tanda tangan itu gak berpengaruh waktu scan lembar jawaban bray. Lagian juga ngapain pegawas waktu itu pake ngomong kayak gitu. Emang gak tau, sengaja nakut-nakuti,  apa gimana?. Bikin gak konsentrasi ngerjain soal jadinya -_-

Selama nunggu pengumuman gue doa semaksimal gue, Gue usahain semua lebih dari yang gue lakuin di hari2 biasa. Dan herannya selama nunggu pengumuman itu hampir setiap hari gue sakit. Yang maagnya kambuh, maag sembuh, dateng diare, diare sembuh, demam menyerang, demam sembuh, pilek, pilek sembuh, batuk, batuk sembuh, pusing, pusing sembuh, alergi kumat. Ckckc.. gue mikirnya gak papa kalo gue mau di kasih sakit setiap hari gini, ikhlas gue, asal bisa dapet alamamaternya IPB pada akhirnya nanti.

Hari pengumuman tiba, di rumah gue gak ada jaringan internet bray, pengumuman jam 5 sore, gue bela-belain dateng ke sekolah, karna memang Cuma di sekolah yang nyediain wifi gratis, setelah buka pengumuman hal yang sama terulang, setelah gue udah masukin nomor peserta dan tanggal lahir ada tulisan “MAAF” di layar laptop gue. Seperti biasa gue gak berani baca kata-kata selanjutnya. Udah jelas gue gagal (lagi)

SBMPTN, gak ada firasat jelek, optimis luar biasa, usaha gila-gilaan sampek hampir gila beneran. Tapi pada akhirnya tetep di tolak (lagi) sama Universitas yang udah lama gue idam-idamkan. Gue gak ngerti habis ini mau kemana dan ngapain lagi, feel gue Cuma di IPB bray, gak di universitas manapun kecuali IPB. Dari awal gue Cuma mandang IPB dan gak mandang Universitas manapun. Makin hari nyeseknya makin krasa.

Gue Cuma bisa diem di pojok parkiran sekolah, di ibaratin udah susah-susah bangun rumah dari batang korek api, dengan teliti dan perlu waktu yang lama, tiba-tiba roboh gara-gara ketiup angin doang. Nyesek rasanya harus nelen bulat-bulat kerja keras yang kemaren waw banget.

Gue langsung minta izin sama ibu bapak  buat ikut UTM (Ujian Talenta Masuk), itu semacem jalur mandirinya IPB bray, jadi tesnya harus ke IPB langsung. Itu test emang khusus di adain IPB setiap tahunnya. dan gue juga baru tau kalo IPB punya program diploma 3. Mulai lah gue cari-cari tau pendaftaran UTM IPB dan diploma IPB.

Sempet gak di bolehin daftar sama ibu bapak gue bray, karna tempatnya terlalu jauh juga dari rumah, harus test di Bogor langsung kan gue ini. Sempet kepikiran mau berhenti setahun dulu kalo misalnya gue gak di bolehin buat daftar UTM dan diploma IPB, ya buat apa juga sekolah di tempat yang gak gue pengen kan, emang dari awal gue Cuma pengen di IPB, gak di manapun kecuali IPB. Tapi dengan usaha gue buat ngebujuk ibu bapak gue, akhirnya gue di bolehin dengan waktu yang lama dan dengan pertimbangan yang berat dari ibu bapak gue bray.

Sekali lagi gue gak ada jaringan internet buat daftar, gue jalan kaki ke sekolah demi wifi gratis, setelah daftar, gue ke bank jalan kaki juga buat bayar uang pendaftaran, jaraknya ada lah 1 kilo lebih. Uang pendaftaran UTM IPB Rp 500.000,00
dan uang pendaftaran diploma IPB Rp 200.000,00
pertama kalinya itu gue masuk bank buat transfer uang segitu banyaknya bray, SENDIRIAN, tanpa di dampingin siapapun, untung di arah-arahin dan di tuntun sama satpam. Setelah transfer uang gue balik lagi jalan kaki ke sekolah, buat lengkapin formulir pendaftaran secara online. Setelah berkas lengkap, gue jalan kaki lagi buat cari warnet untuk ngeprint formulir pendaftran, dan sialnya warnet yang deket tutup, jadi gue harus jalan kaki lagi buat nyari warnet, lebih jauh. Berapa kali tuh gue jalan kaki bolak balik,Itu semua gue lakuin sendiri, tanpa di temenin siapapun, dan masih bulan romadhon juga kan, gue puasa dong pastinya. Sempet berandai-andai juga sih andai ada yang nemenin, yaa seenggaknya minjemin motor lah. Tapi yaudah, nyatanya juga gak ada. Haha

Persiapan buat berangkat ke bogor, perjalanan kurang lebih 10 jam. Setelah nyampek bogor gue nginep tempat sodara bray yang jarak rumahnya jauh dari kampus S1 (dramaga) dan jauh juga dari kampus D3 (cilibende). Karna takut telat berangkat test alhasil gue harus numpang nginep lagi di kosannya kakak kelas yang deket kampus. Tes UTM di laksanakan tanggal 27 juli dan test diploma di laksanakan tanggal 28 juli, di kampus masing-masing.

Hari pertama test UTM alhamdulillah gue di kasih kelancaran bray, setelah test UTM selesai kakak kelas gue itu bilang mau pulang ke Lampung di hari itu juga, padahal tanggal 28nya gue harus test di kampus diploma kan, mana gue gak tau jalan, trus kalo kakak kelas gue pulang ke Lampung, gue mau nginep di mana buat test diploma besok.

Sempet kepikiran gue mau nginep di masjid. dengan terseok-seok membawa barang bawaan yang lumayan berat karna kebanyakan bawa buku, gue ketemu temen SMA gue bray di jalan waktu gue mau ke masjid.
“loh in mau kemana”
“nginep di masjid kayaknya gue sampek test diploma besok”
“lah emang gak jadi nginep tempatnya kakak kelas?”
“dia udah pulang ke Lampung hari ini, jadi gue gak ada tempat buat nginep lagi”
“oh yaudah nginep di kosannya kakak gue aja, bareng gue juga, besok kita berangkat test diplomanya bareng”

Akhirnya ada yang nolong gue juga bray, haha. Bersyukur banget gue gak jadi gelandangan di Bogor. Alhasil gue beneran numpang nginep di kosannya kakaknya temen gue itu bray. Dan test diploma alhamdulillah berjalan lancar. Gue balik ke Lampung lagi setelah test selesai, sembari nunggu pengumuman di rumah, sembari nunggu Lebaran dateng juga. Hehee

Dan kalo lo tau bray, selama gue test UTM dan test diploma gue Cuma bawa baju satu, rok satu, dan jilbab satu. Jadi selama 2 hari test UTM dan diploma gue gak ganti baju,gue tidur juga pake baju yang sama,  itu baju yang gue pake waktu tidur, itu baju juga yang gue pake waktu test selama 2 hari test UTM dan test diploma, bisa kebayang betapa bau dan kusutnya baju gue waktu test diploma di hari terakhir. Haha

Tepat 4 hari sebelum Lebaran, pengumuman UTM dan Diploma 3 IPB di buka pada hari yang sama jam 8 malem. Seperti yang sudah-sudah gue gak ada jaringan internet di rumah, dan gak mungkin banget gue mau jalan kaki lagi ke sekolah buat nyari wifi gratis, karna itu udah jam 8 malem.

Temen gue yang udah ketrima di IPB lewat jalur SNMPTN kirim pesan “udah buka pengumuman UTM belum in?”
“belum, gak ada jaringan internet”
“sini gue bukain,kirim nomor peserta sama tanggal lahir elo”

alhamdulillah ada yang bantu gue lagi :D
setelah gue kirim tu nomor peserta sama tanggal lahir, gue nunggu balesan dari temen gue itu, sembari gue lagi goreng kripik pisang buat lebaran.

Pesan masuk, temen gue bales “yaaaah in kamu gak ketrima UTM , gak jadi se’asrama bareng deh kita”
“iya gak papa, makasih ya”

Gak tau kenapa kegagalan yang sekarang serasa ringan di hati gue, ya gue usaha udah,  gue jabanin langsung dateng ke Bogor juga udah, usaha semaksimal mungkin udah, gue berdoa juga udah. Trus gimana lagi kalo Allah gak menghendaki kan. Kita boleh aja berencana, tapi rencana Allah jauh lebih indah dari rencana kita.

Gue emang sempet ngedrop saat dua kali di tolak IPB lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, tapi untuk ujian kali ini, untuk kegagalan ketiga kalinya ini gue rasa gue lulus J
ada perasaan ikhlas yang gak biasa waktu nemuin kegagalan yang ketiga ini, mungkin karna gue udah kebal di tolak IPB sampek 3 kali gini, udah capek juga mungkin. Hehee

Gue terus mikir semaleman, gak papa lah kalo gue harus berhenti setahun dulu buat nyoba SBMPTN tahun depan, percaya kalo Allah itu zat yang maha adil. Sesungguhnya DIA tau tapi menunggu, sesungguhnya DIA lebih mengetahui lebih dari yang engkau ketahui, sesungguhnya DIA juga mengetahui secara pasti apa yang terbaik untukmu J

Paginya gue tetep melaksanakan aktifitas gue seperti biasa, ya bantuin ibu bikin kue lebaran, ya beres-beres rumah. Eh.. tapi tunggu dulu, kayaknya ada yang ketinggalan, ada yang salah juga, ada yang ganjel juga di hati, tapi apa yaaa. Oh iya gue baru inget gue belum buka pengumuman Diploma IPB.
Begitu gue inget, jam setengah 7 pagi, boro-boro sikat gigi, mandi aja belum, gue langsung pake jilbab dan langsung ke sekolah nyari wifi gratis, masih pake sendal teplek juga, boro-boro mau ganti baju. Gue buka web diploma IPB, gue masukin nomor peserta dan tanggal lahir, nunggu loading, selesai. Di layar Laptop ada tulisan warna ijo “SELAMAT. ANDA DI TERIMA PROGRAM DIPLOMA INSTITUT PERTANIAN BOGOR, DAFTAR ULANG TANGGAL 28 AGUSTUS 2013, UNTUK KEPERLUAN REGISTRASI SILAHKAN DOWNLOAD DOKUMEN DI BAWAH INI”

Gue Cuma bisa bengong di depan layar laptop gue, gue pandang-pandangin, “ini beneran ketrima gak sih, ini beneran tulisan selamat bukan sih”
gue goyang-goyangin laptop gue, trus gue baca lagi pengumuman itu, tulisannya tetep sama.
gue angkat laptop gue, gue baca dari bawah, tulisannya tetep sama.
gue taro laptop gue di lantai, gue baca dari atas, tulisannya tetep sama.
gue hadapin Laptop gue di cermin, tulisannya tetep sama.
gue minta tolong bacain satpam sekolah “iya mbak, tulisannya selamat anda di terima....”
“beneran tah pak”
“iya lho mbak beneran”

Huwaaaaaaa.... jadi beneran gue ketrima di IPB ?
gue kayak cacing kepanasan, goyang kanan, goyang kiri, teriak-teriak di pos satpam sekolah , untung sekolah masih sepi Cuma ada pak satpam doang, sujud syukur alahamdulillah
J

Ternyata memang benar Allah itu pembuat scenario terbaik yang pernah ada, jauh lebih hebat dari pembuat scenario film yang paling terkenal sekalipun.
kejutan yang DIA beri tak di sangka-sangka. Allah itu menilai bukan dari seberapa besar mimpi kita, tapi seberapa besar kita untuk mimpi itu, apa yang kita sudah korbankan dan apa yang sudah kita pertaruhkan. Dan Allah juga akan memeluk mimpi orang-orang pemberani, berani melangkah untuk resiko yang paling besar sekalipun.
*Saya Novista Indriani generasi emas Diploma Institut Pertanian Bogor Program Keahlian Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya*
    _3 Agustus 2013_
^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

16 komentar:

Nana Juliana Amin mengatakan...

Bagus ceritanya...

Nana julian amin. Ilmu gizi.
Ipb angktan 30. Lulus thun 98

Setiap orang yg berusaha keras.. insyaallah akan dikabulkan keinginanya...

Unknown mengatakan...

kak, ky apa sih soal ipb diploma? sulit ga?

aku udah gagal 6x tes dmn aja :")
usaha dan doa diikuti sholat sunah tahajud insha Allah suda, diremehkan juga uda kebal kdg ya ngerasa

gakuat sm ujian Allah seberat ini

nah snmptn sbmptn slalu nomor 1 in ipb sampe utm juga, bnr2 aku forsir otak ini tp tetep diberi kegagalan

Unknown mengatakan...

Saya IKN 53 kak, hehehehehehe

Unknown mengatakan...

Ka, ada contoh soal untuk ujian mandiri ipb?

Unknown mengatakan...

Ka, ada contoh soal untuk ujian mandiri ipb?

Unknown mengatakan...

Ka, ada contoh soal untuk ujian mandiri ipb? (2)

Unknown mengatakan...

Kak, ada contoh soal diploma ipb gak? Soal diploma ipb itu soal nya kayak un atau sbmptn?

Tatifebriyanti mengatakan...

Bagusss bangeet ceritanyaaaa,sangat bikin terharuuu��

Tatifebriyanti mengatakan...

Bagusss bangeet ceritanyaaaa,sangat bikin terharuuu��

khansa hanifah mengatakan...

Waah kak cerita menginspirasi diriku menjadi lebih semangat makasih kak

Unknown mengatakan...

ka . test mtk nya gimana ka ?

Unknown mengatakan...

Ka persyaratan apa sih yang harus di bawa ketika ujianmandiri tu, ka soal nya hamoir sama gak sih sama smbptn

Unknown mengatakan...

Terimakasih kak,cerita kaka begitu memotivasi saya buat bangkit dari kegagalan snmptn dan sbmptn. InsyaAllah saya ikut tes program diploma IPB kak
Btw saya juga dari Lampung kak

Unknown mengatakan...

kak mau tanya, ujian diploma ipb mata ujiannya apa aja ya kak? ipa atau ips sama ujiannya atau beda kah?

Explore Klaten mengatakan...

Bantu jawab.setau saya tesnya antara IPA dan IPS sama. Materinya matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

Anonim mengatakan...

Live Casino Site | Slots, Roulette & Blackjack
Live Casino Website. Live Casino · All the latest games: Blackjack, Roulette, Baccarat, Video Poker. · Live Casino offers a wide selection of fun games, luckyclub such as Video Poker,

Posting Komentar